Panduan Cara Setup Firewall Dengan UFW di Ubuntu 16.04

Panduan Cara Setup Firewall Dengan UFW di Ubuntu 16.04Panduan Cara Setup Firewall Dengan UFW di Ubuntu 16.04. Hai ! Apakah anda ingin setup firewall anda pada VM/VPS anda ? tenang anda bisa menggunakan Software UFW di Ubuntu 16.04 , Tetapi apakah anda tau apa itu UFW ? UFW adalah kependekan dari Uncomplicated Firewall sebuah aplikasi front-end dari iptables yang ringan, powerful dan sangat mudah digunakan untuk mengatur firewall. UFW sangat mudah bagi yang belum bisa menggunakan IPTABLES untuk Setup Firewall, disini saya akan menjelaskan bagaimana cara Setup Firewall Dengan UFW di Ubuntu 16.04, berikut langkah – langkah nya :

Panduan Cara Setup Firewall Dengan UFW di Ubuntu 16.04

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara Setup Firewall Dengan UFW di Ubuntu 16.04, berikut langkah – langkah nya :

Step 1 Open PuTTY

Pertama hal yang harus dilakukan adalah buka Software/aplikasi PuTTY untuk login ke Server Dicloud VM/VPS, seperti gambar dibawah ini :

Panduan Cara Setup Firewall Dengan UFW di Ubuntu 16.04

Selanjutnya adalah login menggunakan Main IP dari server Dicloud VM/VPS anda , jika sudah klik Open , lalu Masukkan username dan password yang anda gunakan untuk login ke Server Dicloud VM/VPS anda , seperti gambar dibawah ini :

Panduan Cara Setup Firewall Dengan UFW di Ubuntu 16.04

Step 2 Install UFW

Selanjutnya kita akan install Apliaksi UFW , biasanya pada Ubuntu sudah berisi UFW , jika pada VM/VPS anda tidak memiliki Aplikasi UFW , anda bisa ketik script berikut ini :

Step 3 Aplikasi UFW

Jika sudah anda bisa mengaktifkan IPv6 , Jika server Ubuntu Anda mengaktifkan IPv6, pastikan UFW dikonfigurasi untuk mendukung IPv6 sehingga akan mengelola aturan firewall untuk IPv6 selain IPv4. anda bisa mengaktifkannya dengan script berikut ini :

Lalu anda bisa mencari script , ganti ipv6 tersebut dengan ipv6=yes , seperti gambar dibawah ini :

Panduan Cara Setup Firewall Dengan UFW di Ubuntu 16.04

Jika sudah , Jika Anda baru saja memulai dengan firewall Anda, aturan pertama yang harus ditetapkan adalah kebijakan default Anda. Aturan-aturan ini mengendalikan bagaimana menangani lalu lintas yang tidak secara eksplisit sesuai dengan peraturan lainnya. Secara default, UFW diatur untuk menolak semua koneksi yang masuk dan mengizinkan semua koneksi keluar. Ini berarti setiap orang yang mencoba mencapai server VM/VPS Anda tidak dapat terhubung, sementara aplikasi apa pun di dalam server VM/VPS anda akan dapat menjangkau dari luar. Anda bisa menjalankan script berikut ini untuk melakukan Setting Default :

Script ini mengatur default untuk menolak koneksi masuk dan mengizinkan koneksi keluar.

Step 4 Konfigurasi UFW

Sebelum anda mengaktifkan UFW anda , jangan lupa untuk Allow SSH Akses anda di VM/VPS , jika anda sudah mengaktifkannya maka UFW akan Memblokir semua Koneksi dari apapun termasuk Koneksi SSH anda ke Server VM/VPS anda ,  Anda perlu membuat aturan yang secara eksplisit mengizinkan koneksi masuk yang sah untuk koneksi SSH atau HTTP , anda bisa menjalankan perintah seperti berikut :

Maka secara otomatis SSH akan diizinkan oleh UFW , anda bisa juga membuat rule dengan port seperti port SSH yaitu 22 atau yang lain  anda bisa mengetik script berikut ini :

Anda bisa men allow semua port atau koneksi , seperti HTTP, HTTPS , FTP , Apache , dan lain lain. Jika anda ingin allow Port dengan Specific protocol anda bisa mengetik script berikut :

Anda juga bisa menentukan alamat IP. Misalnya, jika Anda ingin mengizinkan koneksi dari alamat IP tertentu, seperti alamat IP pekerjaan atau rumah 192.168.2.3,  dengan mengetik script berikut :

Anda juga dapat menentukan port tertentu yang dapat diakses oleh alamat IP dengan mengetik script berikut :

Jika anda ingin Mengizinkan Aplikasi anda yang menggunakan Koneksi ke server anda , anda bisa menjalankan script berikut ini :

dan akan muncul beberapa aplikasi seperti gambar dibawah ini:

Panduan Cara Setup Firewall Dengan UFW di Ubuntu 16.04

Anda bisa allow dengan script berikut ini :

Jika sudah anda bisa mengaktifkan UFW dengan script berikut ini :

Step 5 Memblokir Koneksi

Jika anda ingin memblokir koneksi menggunakan UFW , seperti blokir port atau koneksi yang lain , anda bisa mengetik script berikut ini :

atau jika anda ingin memblokir IP anda bisa mengetik script berikut ini :

Step 6 Melihat Status UFW

Jika anda ingin melihat status UFW anda, anda bisa menjalankan script berikut ini :

maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

Panduan Cara Setup Firewall Dengan UFW di Ubuntu 16.04

Jika anda ingin Mematikan UFW anda bisa ketik script berikut

atau anda ingin mereset ufw anda , anda bisa mengetik script berikut :

Step 7 Menghapus Rule

Anda bisa menghapus rule dari UFW dengan lewat nomor Rule atau Rule Asli, jika anda dengan Nomor Rule anda bisa mengetik script berikut ini :

dan akan muncul table , seperti gambar dibawah ini :

Panduan Cara Setup Firewall Dengan UFW di Ubuntu 16.04

Jika sudah anda bisa delete Rule dengan script berikut ini :

dan jika sudah anda bisa ketik Y untuk menghapus dan untuk menolak ketik N , seperti gambar dibawah ini

Panduan Cara Setup Firewall Dengan UFW di Ubuntu 16.04

Jika anda ingin langsung dengan Rule Asli, anda bisa ketik script berikut ini :

atau

Kesimpulan

UFW adalah kependekan dari Uncomplicated Firewall sebuah aplikasi front-end dari iptables yang ringan, powerful dan sangat mudah digunakan untuk mengatur firewall. UFW sangat mudah bagi yang belum bisa menggunakan IPTABLES untuk Setup Firewall. Jika anda ingin lebih tutorial anda bisa mengunjungi http://dicloud.id/tutorial

Sekian Terima Kasih

 

Author: Dicloud Support

Technical Support in dicloud.id

Was this article helpful?

Related Articles