Panduan Menggunakan FileZilla Untuk Upload File

Panduan Menggunakan FileZilla Untuk Upload File. Hai ! Apakah anda ingin membackup file website anda dengan aplikasi FileZilla di komputer anda ? disini saya akan menjelaskan bagaimana cara upload file website dengan FileZilla , berikut langkah-langkah nya :

Panduan Menggunakan FileZilla Untuk Upload File

disini saya akan menjelaskan bagaimana cara upload file website dengan FileZilla , berikut langkah-langkah nya :

Step 1 Login dengan User password cPanel

Pertama anda bisa buka aplikasi filezilla anda , jika sudah anda bisa connect FTP anda dengan cara memasukkan Username FTP anda , disini di cPanel anda mempunyai sebuah ftp default dimana menggunakan user dan pass cPanel anda  , dan anda bisa klik Quickconnect , seperti gambar dibawah ini :

Step 2 Tampilan Remote Directory

Jika sudah terkoneksi maka akan terlihat beberapa directory di hosting anda pada Table Remote Site , disini kita akan mengupload file website anda ke hosting anda , dengan cara anda bisa menuju ke directory public_html (jika anda ingin memasang di domain utama, jika anda ingin memasang di subdomain anda bisa menuju ke directory subdomain anda seperti “demo”) jika sudah akan terlihat beberapa directory pada public_html , seperti gambar dibawah ini :

Step 3 Directory File Local

Selanjutnya anda bisa memilih file manakah yang anda inginkan untuk di upload pada PC / Laptop anda , disini anda bisa melihat pada Local Site dan dibawah nya berisi file yang ada di dalam folder yang anda pilih, seperti gambar dibawah ini :

Step 4 Upload File Website

Selanjutnya Anda bisa mengupload dengan cara klik kanan pada file tersebut lalu anda bisa klik Upload , jika anda ingin semua file yang ada di Local / PC anda , anda bisa menekan CTRL + A atau Select All, lalu anda bisa klik kanan dan upload , seperti gambar dibawah ini :

Step 5 Finishing

Disini anda bisa menunggu proses upload , untuk kecepatan upload tergantung dalam koneksi internet anda jika internet anda terlalu lambat maka proses upload pun juga akan lambat , dan sebaliknya , internet anda cepat proses upload pun cepat, jika sudah selesai dalam proses upload anda bisa klik Disconnect From Server untuk memutuskan koneksi FTP anda dari server , seperti gambar dibawah ini :

Kesimpulan

Anda dapat men-transfer data website ke hosting dengan mudah dan cepat menggunakan FileZilla. protokol yang bisa digunakan untuk proses transfer ini adalah protokol FTP maupun SFTP. untuk proses transfer menggunakan  SFTP bisa anda simak di tutorial berikut cara menggunakan sftp.

Sekian Terima Kasih.

Author: Dicloud Support

Layanan Web Hosting berbasis teknologi komputasi awan terkini, berkerjasama dengan penyedia cloud #1 di dunia dengan Bantuan Teknis Terbaik dan Handal.

Was this article helpful?

Related Articles