Pengenalan Bahasa PHP Awal

Pengenalan Bahasa PHP Awal. Hai ! Tahukah anda bahasa PHP ?Dikutip dari WikiPedia,  PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS, disini saya akan menjelaskan tentang bahasa pemrograman PHP , tetapi yang pertama kita akan mengenali bahasa PHP , berikut penjelasannya :

Pengenalan Bahasa PHP Awal

tetapi yang pertama kita akan mengenali bahasa PHP , berikut penjelasannya :

Step 1 Aplikasi Pengguna PHP

Disini kita memerlukan aplikasi untuk menjalankan php di localhost , yaitu XAMPP Control Panel ,XAMPP ini berisi komponen seperti apache 2, php 7 , mysql , ftp , tomcat , dan mercury . program nya seperti gambar dibawah ini :

Pengenalan Bahasa PHP Awal

dan untuk mengakses anda bisa mengunjungi localhost pada browser anda seperti gambar dibawah ini :

Pengenalan Bahasa PHP Awal

Step 2 Create Project Folder

Jika sudah anda bisa membuat project php anda di folder htdocs xampp , anda bisa mencari nya di folder xampp > htdocs dan buat folder dengan nama project anda lalu masukkan file anda ke folder tersebut. seperti gambar dibawah ini :

Pengenalan Bahasa PHP Awal

Step 3 Buat Sebuah Project

Jika sudah , saya akan memberikan sedikit code untuk membuat sebuah Hello World pada PHP , berikut contoh code nya :

Dan akan muncul seperti gambar dibawah ini :

Pengenalan Bahasa PHP Awal

Kesimpulan

Jika anda ingin membuat sebuah project php , anda bisa menggunakan aplikasi XAMPP dan menaruh folder project anda pada folder xampp>htdocs , jika anda ingin mengunjungi project anda , anda bisa menuju ke halaman localhost/nama_project

Sekian Terima Kasih.

Author: Dicloud Support

Technical Support in dicloud.id

Was this article helpful?

Related Articles