Pengenalan HTML Code Awal Permulaan

Pengenalan HTML Code Awal Permulaan. Hai Jika anda sudah tau apa itu HTML dan aplikasi untuk membuat sebuah website berbasis HTML , anda bisa melanjutkan ke Code HTML awal pembuatan website berbasis HTML , jika anda belum mengetahui HTML anda bisa menuju ke halaman berikut. https://www.dicloud.id/tutorial/articles/panduan-pengenalan-html-dan-cara-penggunaan , Disini saya akan menjelaskan code code awal dalam pembuatan website berbasis HTML , berikut penjelasanya :

Pengenalan HTML Code Awal Permulaan

Disini saya akan menjelaskan code code awal dalam pembuatan website berbasis HTML , berikut penjelasanya :

Contoh HTML

Beberapa code awal yang harus ada di dalam HTML seperti berikut :

Berikut penjelasan diantara code code tersebut :

<!DOCTYPE html> = Mendeklarasikan bahwa jenis dokumen ini adalah HTML

<html> = Element yang harus ada setiap pembuatan HTML

<head> = Element yang berisi tentang meta dokumen untuk HTML

<title> = nama dari sebuah website , terlihat pada tab bar website

<body> = isi dari html tersebut

Note ! : ingat jika anda selesai menambahkan elemen misal <body> selalu berisi elemen penutup seperti </body> pada akhir isi dari html tersebut.

Disini saya akan memberikan contoh website sederhana yang hanya berisi tulisan dan menjelaskan beberapa element yang saya gunakan untuk membuat website sederhana ini , berikut contoh nya :

Dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :

Pengenalan HTML Code Awal Permulaan

Nah saya menggunakan elemen baru lagi yaitu <h1> dan <p> , berikut penjelasannya :

<h1> = adalah heading dimana anda bisa mengganti huruf anda menjadi besar, contoh heading hanya terbatas sampai <h6> saja , seperti gambar dibawah ini :

Pengenalan HTML Code Awal Permulaan

<p> = adalah text paragraph , disini anda bisa membuat paragraph baru dengan element ini , anda pun bisa mengubah alignment nya dengan cara align=”center” atau sebagainya.

Jika anda sudah membuat html code anda bisa menyimpan nya sebagai file html atau berextensi HTML , dan anda bisa mencoba nya dengan mengklik dua kali file tersebut dan wala , website sederhana anda pun muncul.

Kesimpulan

Anda bisa membuat lebih cepat struktur di sublime dengan cara ketik <html dan enter , jika anda save as HTML pada file anda.

Sekian Terima Kasih.

Author: Dicloud Support

Technical Support in dicloud.id

Was this article helpful?

Related Articles