Pengenalan tentang Javascript

Pengenalan tentang Javascript.Hai ! Disini kita akan mempelajari tentang code atau pemrograman Javascript, tetapi sebelum itu apakah anda tahu apa itu javascript ? Dikutip dari Wikipedia, Javascript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT, Disini saya akan menjelaskan tentang Pemrograman Javascript , berikut penjelasannya :

Pengenalan tentang Javascript

Disini saya akan menjelaskan tentang Pemrograman Javascript , berikut penjelasannya :

Fungsi Javascript

JavaScript bisa digunakan untuk banyak tujuan, misalnya untuk membuat efek rollover baik di gambar maupun teks, dan yang penting juga adalah untuk membuat AJAX.

Javascript

Pada awalnya javascript bisa digunakan pada pemrograman HTML ataupun yang lainnya, Jika anda ingin menginputkan sebuah JS ke dalam HTML anda harus menambahkan code :

Anda pun juga bisa membuat file JS tersendiri atau eksternal, dengan file yang berekstensi .js, untuk pemanggilan file eksternal JS, anda bisa menambahkan code berikut :

Disini saya akan memberikan sedikit contoh sebuah JS atau JavaScript code pada website, berikut contohnya :

Dan akan menghasilkan hasil seperti gambar dibawah ini :

Pengenalan tentang Javascript

Jika kita klik Tombol WOW maka teks diatas akan berubah seperti gambar dibawah ini :

Pengenalan tentang Javascript

Kesimpulan

Jika anda ingin mengunakan javascript pada HTML anda bisa menambahkan code <script> pada HTML anda atau file index website anda.

Sekian Terima Kasih.

Author: Dicloud Support

Technical Support in dicloud.id

Was this article helpful?

Related Articles