Cara Menambahkan SWAP pada Ubuntu 16.04

Cara Menambahkan SWAP pada Ubuntu 16.04

Cara Menambahkan SWAP pada Ubuntu 16.04. Salah satu cara untuk menambah kemampuan server adalah dengan menambahkan resourcenya, nah pada kesempatan ini kita akan membahas cara menambah resource memory server tampa harus meng-upgrade server ke spesifikasi yang lebih besar. jika anda belum memiliki server yang akan di oprek, yuk dicoba cloud server murah dari dicloud.

Introduction

Swap merupakan block / space di harddisk yang digunakan oleh Sistem operasi (OS) sebagai media penyimpan sementara untuk aplikasi yang sudah tidak bisa di simpan dalam RAM. Swap sangat membantu kita untuk menghindari error ‘out of memory’ pada aplikasi. kondisi ini terjadi ketika aplikasi yang kita jalankan memerlukan banyak RAM sedangkan resource RAM sudah abis.

Cara Menambahkan SWAP pada Ubuntu 16.04

Berikut adalah tahapan yang dilakukan untuk menambahkan Swap pada ubuntu 16.04, untuk versi ubuntu lainnya hampir sama dengan versi ubuntu 16.04.

Cek informasi Swap pada server

Sebelum menambahkan swap, kita terlebih dahulu mengecek apakah swap sudah ditambahkan pada server kita apa belum, cara pengecekannya sebagai berikut:

Jika hasilnya kosong, maka server anda belum memiliki swap. anda juga bisa menggunakan perintah berikut:

Mengecek Space Harddisk

Kita harus memastikan jumlah space harddisk yang masih tersisa yang akan kita gunakan sebagai block swap, anda bisa menggunakan perintah berikut:

Dari capture di atas, kita bisa melihat drive /dev/vda1 memiliki space kosong yang banyak, oleh karena itu kita akan menambahkan swap pada partisi tersebut.

Membuat File Swap

Selanjutnya kita akan membuat file swap pada direktory root / sesuai dengan kondisi harddisk server kita tadi. perintah yang digunakan adalah fallocate dan nama file yang kita buat adalah swapfile sebagai berikut:

untuk mengecek apakah file swap sudah berhasil kita buat, kita bisa gunakan perintah berikut:

terlihat dari capture di atas, fileswap kita sudah berhasil dibuat dengan benar.

Mengaktifkan File Swap

Selanjutnya kita akan mengaktifkan file swap yang tadi kita buat. sebelum bisa digunakan sebagai swap demi alasan keamanan kita harus merubah hak akses dari file swap tersebut dengan perintah:

Selanjutnya kita bisa mengaktifkan file swap dengan perintah sebagai berikut :

Untuk mengecek apakah swap tersebut sudah bisa aktif, kita bisa gunakan perintah berikut :

Membuat File Swap menjadi Permanen

Perintah di atas hanya akan berlaku pada selama server tidak kita reboot. untuk membuat file swap otomatis dijalankan kembali ketika server di reboot, kita dapat menggunakan sintak berikut:

Optimasi / Costomisasi Swap

Kita bisa mengatur kebutuhan atau perilaku server terhadap swap dengan mengubah beberapa parameter swap, sebagai berikut:

Kesimpulan

Cara Menambahkan SWAP pada Ubuntu 16.04 sangat mudah dilakukan. Menambahkan Swap pada server dapat membantu kita dalam menghindari terjadinya kegagalan system karena error ‘out of memory’. kebutuhan akan swap bisa kita atur sesuai dengan kebutuhan aplikasi kita dengan cara memodifikasi parameter swap dari OS. Demikian, semoga bisa membantu.

Author: Wisnu Sudarmadi

Programmer juga nyambi di bidang system dan infrastuktur. Berpengalaman sebagai System Engineer sejak tahun 2013. Selama beberapa tahun terakhir bekerja di salah satu Bank BUMN.

Was this article helpful?

Related Articles