Panduan Cara Aktivasi CloudFlare

Panduan Cara Aktivasi CloudFlarePanduan Cara Aktivasi CloudFlare. Hai 🙂 , Pada sudah tau kan apa itu Cloudflare ? yaps, CloudFlare adalah sebuah CDN (Content Delivery Network) yang memiliki fitur lebih baik dari standar CDN yang ditawarkan. Ada banyak keuntungan dari CloudFlare. CloudFlare adalah sebuah CDN yang berada ditengah-tengah antara nama domain dan web hosting. CloudFlare menyediakan keamanan tambahan untuk serangan DDoS (SPAM), selain juga merupakan sumber cache statis yang membuat website dapat dimuat lebih cepat. Gimana ? web kita bisa aman dan cepat lhoo kalau pakai Cloudflare 😀 , Tertarik kan ? nah disini kita akan menjelaskan bagaimana cara aktivasi website kita ke cloudflare , dan untuk pengguna hosting dicloud sudah dapat akses cloudflare secara gratis 😀

Panduan Cara Aktivasi CloudFlare

Disini kita akan membahas bagaimana cara aktivasi CloudFlare pada hosting Dicloud, berikut langkah-langkah nya 🙂 .

Step 1 Login cPanel

Pertama anda harus login ke halaman cPanel untuk Menkoneksi cPanel dengan CloudFlare, seperti gambar dibawah ini :

Panduan Cara Aktivasi CloudFlare

Step 2 Mencari fitur CloudFlare

Selanjutnya kita akan mencari CloudFlare di cPanel dengan cara ketik CloudFlare di kolom pencarian , seperti gambar dibawah ini :

Panduan Cara Aktivasi CloudFlare

Step 3 Menu CloudFlare

Selanjutnya anda akan memasuki halaman CloudFlare , dimana disini anda diminta login menggunakan akun cloudflare anda , jika sudah anda bisa ke halaman website cloudflare untuk Recheck Name Server , seperti gambar dibawah ini :

Panduan Cara Aktivasi CloudFlare

Step 4 Login ke Halaman CloudFlare

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah login ke halaman CloudFlare jika anda belum mempunyai akun CloudFlare silahkan register terlebih dahulu (Bagi pengguna hosting dicloud , anda sudah dapat akun dari cloudflare secara langsung lewat email anda) , seperti gambar dibawah ini :

cara aktivasi cloudflare

Step 5 Change NameServer

Selanjutnya kita menuju ke halaman dashboard CloudFlare, seperti gambar dibawah ini :

cara aktivasi cloudflare

Disini anda akan mengganti NameServer domain anda , dengan copy NameServer yang telah diberikan oleh CloudFlare ke domain anda , jika sudah maka kita bisa klik Recheck Nameserver supaya CloudFlare bisa check nameserver kita sudah benar apa belum , jika sudah active maka akan seperti gambar dibawah ini  :

cara aktivasi cloudflare

Step 6 Change DNS Server

Selanjutnya anda harus mengganti DNS pada CloudFlare dengan klik Menu DNS  , seperti gambar dibawah ini :

cara aktivasi cloudflare

Jika anda mempunyai File DNS sendiri silahkan klik Advanced lalu klik Upload , jika ingin ekspor file DNS yang ada di cloudflare silahkan klik Export, seperti gambar dibawah ini :

cara aktivasi cloudflare

Setelah itu kita akan setting jalur website anda pada CloudFlare , disini terdapat 2 jalur pada CloudFlare terdiri dari:

  • DNS Only (Grey Cloud) : user akan melewati domain/website dengan jalur DNS saja
  • DNS and HTTP proxy (Orange Cloud) : user akan melewati domain/website dengan jalur proxy CloudFlare (CDN)

seperti gambar dibawah ini :

cara aktivasi cloudflare

Dan aktivasi CloudFlare pun sudah selesai 🙂 .

Kesimpulan

Menggunakan cloudflare sangatlah nyaman,cepat,dan aman pada website/domain , dan mampu mencegah adanya DDoS (SPAM) pada website/domain 🙂 .

Sekian Terima Kasih.

Author: Dicloud Support

Technical Support in dicloud.id

Was this article helpful?

Related Articles