Panduan Cara Install WordPress pada Virtual Host di Ubuntu 16.04

Panduan Cara Install WordPress pada Virtual Host di Ubuntu 16.04Panduan Cara Install WordPress pada Virtual Host di Ubuntu 16.04. Hai 🙂 ! Apakah anda sudah tau bagaimana sih cara install Worpdress di Ubuntu 16.04 ? Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara install worpdress di Ubuntu 16.04 Menggunakan LAMP Server , tapi.. kita akan memasang 2 wordpress dalam 1 Server VM/VPS dengan Virtual Host, yuk langsung ke langkah-langkah nya 🙂 :

Panduan Cara Install WordPress pada Virtual Host di Ubuntu 16.04

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara install worpdress di Ubuntu 16.04, Berikut langkah langkah nya :

Step 1 Install LAMP Server & Setup Virtual Host

Pertama dalam Install WordPress anda harus membutuhkan 2 hal penting , yaitu Web Server dan Database, disini anda bisa menginstall LAMP Server sebagai Web Server dan Database . LAMP Server terdiri dari Linux,Apache,MySQL,dan PHP . Anda bisa menginstall nya dengan melihat tutorial LAMP Server . Jika anda sudah Install LAMP server anda bisa setup Virtual Host di VM/VPS dengan tutorial Virtual Host ini.

Step 2 Membuat Database Dengan MySQL

Selanjutnya kita akan membuat sebuah database dengan MySQL untuk WordPress , anda disini bisa menggunakan aplikasi phpmyadmin atau dengan cara manual , disini kita akan menggunakan cara manual , pertama anda harus memasuki aplikasi MySQL dengan cara menjalankan script berikut ini :

Setelah itu masukkan password mysql anda lalu tekan enter . Selanjutnya , kita bisa membuat database terpisah yang bisa dikendalikan WordPress. Kita akan menggunakan database dengan nama “wordpress1” dan “wordpress2” dalam panduan ini agar tetap sederhana. Anda bisa membuat database untuk WordPress dengan menjalankan script berikut ini :

dan

Selanjutnya kita menetapkan user dan password ke database yang kita buat tadi , jika anda ingin menggunaka akses ROOT anda bisa menggunakannya, dengan cara menjalankan script berikut  ini :

dan

Anda sekarang memiliki database dan akun pengguna, masing-masing dibuat khusus untuk WordPress. Kita perlu menflush the privileges database yang kita buat tadi dengan cara menjalankan script berikut ini :

lalu anda bisa exit .

Step 3 Install PHP yang digunakan Oleh WordPress

Pada saat install LAMP Server di ekstensi di php hanya sedikit dan digunakan untuk connect dengan MySql, disini kita akan install php yang dibutuhkan oleh wordpress , seperti php-curl,php-gd,php-mbstring,php-mcrypt,php-xml dan php-xmlrpc, dengan cara menjalankan script berikut ini :

Jika sudah anda bisa merestart apache dengan cara menjalankan script berikut ini :

Step 4 Download WordPress

Setelah itu kita akan mendownload Worpdress dari website wordpress , pertama kita ke direktori tmp untuk menaruh file download wordpress kita , dengan cara menjalankan script berikut ini :

lalu kita mendownload file wordpress dari website wordpress

Jika sudah anda bisa mengextract file wordpress yang anda download tadi , dengan cara menjalankan script berikut ini :

jika sudah , kita akan mencopy file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php , dengan cara menjalankan script berikut ini :

jika sudah anda bisa mencopy file wordpress ke direktory virtual host anda , seperti berikut ini :

dan

Step 5 Setting wp-config.php

Selanjutnya kita akan menyetting file wp-config.php , untuk mengatur dimana database untuk wordpress berada , anda bisa mencari file tersebut di setiap direktory virtual host yang berisikan wordpress . untuk mengedit nya anda bisa jalankan script berikut ini :

lalu anda akan menuju command edit seperti gambar dibawah ini :

Cara Install WordPress

Disini kita menggunakan database wordpress1 , selanjutnya anda memasukkan username,password,hostname sesuai database yang anda buat tadi , jika sudah anda bisa tekan CTRL+X lalu ketik y dan tekan ENTER untuk menyimpan file , selanjutnya kita ke file wp-config.php di virtual host yang kedua , sama seperti diatas anda bisa menjalankan script berikut ini :

dan anda akan menuju command edit file seperti gambar dibawah ini :

Cara Install WordPress

Disini kita menggunakan database wordpress2 , selanjutnya anda memasukkan username,password,hostname sesuai database yang anda buat tadi , jika sudah anda bisa tekan CTRL+X lalu ketik y dan tekan ENTER untuk menyimpan file.

Step 6 Finish

Jika sudah anda bisa menuju ke domain yang sudah anda buat di virtual host dengan cara mengetik di kolom url , seperti berikut ini :

atau

jika sudah maka akan muncul halaman untuk instalasi wordpress seperti berikut ini :

Cara Install WordPress

Disini anda diminta memasukkan identitas website wordpress anda , seperti Site Title,Username,Password,Dan Email Anda , jika anda sudah mengisi identitas semua anda bisa klik Install dan sama halnya dengan virtual host yang lain . Installasi WordPress pun selesai.

Sekian Terima Kasih.

Author: Wijaksana Bayu

Technical Support in dicloud.id

Was this article helpful?

Related Articles