Panduan Cara Login ke Server Dicloud VM/VPS

Panduan Cara Login ke Server Dicloud VM/VPSPanduan Cara Login ke Server Dicloud VM/VPS di Dicloud. Hai anda sudah order Dicloud VM/VPS ,jika anda belum order produk kami , tetapi tidak tau bagaimana cara order anda bisa klik link berikut untuk mempelajarinya Panduan Cara Order Dicloud VM/VPS di Dicloud.id, jika sudah tetapi tidak tau bagaimana cara login Ke Server Dicloud VM/VPS anda ? tenang … disini saya akan menjelaskan bagaimana cara Login/Connect ke Server Dicloud VM/VPS anda.

Panduan Cara Login ke Server Dicloud VM/VPS di Dicloud

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara Login/Connect ke Server Dicloud VM/VPS anda, berikut langkah-langkah nya :

Step 1 Login Member Dicloud

Pertama hal yang harus dilakukan adalah login ke halaman Member Dicloud.id anda bisa klik link berikut jika ingin ke halaman Member Dicloud.id , seperti gambar dibawah ini :

Cara Login ke Server Dicloud VM/VPS

Step 2 Halaman Member Dicloud

ika anda sudah login , maka anda akan menuju ke halaman Member Dicloud.id , selanjutnya anda bisa klik table Service  di halaman ini, seperti gambar dibawah ini :

Cara Login ke Server Dicloud VM/VPS

Jika sudah maka anda akan menuju ke halaman My Products & Services , disini terlihat beberapa product/service yang anda beli/order , seperti gambar dibawah ini :

Cara Login ke Server Dicloud VM/VPS

Step 3 Manage Product

Selanjutnya anda akan menuju ke halaman Manage Product , disini anda diminta mengisi formulir dimana digunakan untuk setup Server Dicloud VM/VPS anda , seperti gambar dibawah ini :

Cara Login ke Server Dicloud VM/VPS

Disini terlihat beberapa form seperti:

  1. Server Label : Disini anda diminta untuk mengisi nama/label dari server Dicloud VM/VPS anda
  2. Hostname : Disini anda diminta untuk mengisi hostname dari server Dicloud VM/VPS anda
  3. Select Location : Disini anda diminta memilih lokasi untuk server Dicloud VM/VPS anda
  4. Select OS Type (Default) : Disini anda tidak bisa mengubah OS pada Server anda , karena sudah terpilih saat anda Order Dicloud VM/VPS server.
  5. Startup Script : Disini anda bisa menambahkan Startup Script seperti Server akan Hidup/mati otomatis menggunakan Startup Script
  6. Turn on/off IPv6 : Disini anda bisa menghidupkan IPv6 untuk Server Dicloud VM/VPS anda
  7. Turn on/off private network: Disini anda bisa mengidupkan VPN pada Server Dicloud VM/VPS anda
  8. Add SSH Key: Disini anda bisa menambahkan SSH key di Server Dicloud VM/VPS anda.
  9. Auto Backups : Jika anda sudah memilih Auto Backups saat anda order Dicloud VM/VPS , anda bisa mengubahnya , jika tidak maka anda tidak bisa mengubahnya , Fitur Auto Backups ini Berbayar

Jika anda sudah mengisi form semuanya anda bisa melanjutkan dengan klik Create , jika sudah maka akan muncul tampilan proses seperti gambar dibawah ini :

Cara Login ke Server Dicloud VM/VPS

Jika sudah terinstall maka akan sepert gambar dibawah ini :

Cara Login ke Server Dicloud VM/VPS

Disini Dicloud VM/VPS anda sudah ter-setup

Step 4 Login ke VM/VPS

Selanjutnya kita akan login ke Server Dicloud VM/VPS anda , pertama hal yang harus dilakukan adalah Buka software PuTTY atau Software yang mendukung SSH , seperti gambar dibawah ini :

Cara Login ke Server Dicloud VM/VPS

Masukkan Main Ip address dari Data Dicloud VM/VPS anda , lalu masukkan Port 22 , jika sudah anda bisa klik Open, seperti gambar dibawah ini :

Cara Login ke Server Dicloud VM/VPS

Disini kita sudah memasuki putty dan anda diminta memasukkan user dan password root anda , masukkan root lalu copy password di Data Informasi Dicloud VM/VPS anda ke Putty seperti gambar dibawah ini :

Cara Login ke Server Dicloud VM/VPS

lalu Enter, seperti gambar dibawah ini :

Cara Login ke Server Dicloud VM/VPS

Disini anda sudah memasuki Server Dicloud VM/VPS anda , jika anda ingin mengganti password root , anda bisa ketik “passwd” di terminal putty lalu masukan password anda , seperti gambar dibawah ini :

Cara Login ke Server Dicloud VM/VPS

Kesimpulan

Jika anda sudah selesai Order Dicloud VM/VPS , anda harus men-setup kan server Dicloud VM/VPS anda terlebih dahulu supaya anda bisa login ke Server Dicloud VM/VPS .

Sekian Terima Kasih.

Author: Dicloud Support

Technical Support in dicloud.id

Was this article helpful?

Related Articles