Panduan Cara Setting Zoho Mail di Microsoft Outlook

Panduan Cara Setting Zoho Mail di Microsoft Outlook

Panduan Cara Setting Zoho Mail di Microsoft Outlook. Hai ! Sudah tau kan apa itu zoho email dan cara penggunaanya ? jika anda belum mengetahui cara menggunakan nya anda bisa klik link berikut ini https://www.dicloud.id/tutorial/articles/panduan-cara-menggunakan-zoho-mail untuk tau bagaimana cara menggunakan zoho mail.

Panduan Cara Setting Zoho Mail di Microsoft Outlook

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan zoho mail di Outlook , berikut langkah-langkah nya :

Login Zoho Mail

Pertama hal yang harus dilakukan adalah login ke halaman Zoho Mail untuk melalukan Setting IMAP Access ,jika anda sudah login ke Zoho Mail anda akan menuju ke halaman Dashboard akun Zoho Mail anda. seperti gambar dibawah ini :

Zoho Mail

Setting IMAP Access

Jika sudah , selanjutnya anda bisa klik Setting yang berada di Navigasi Profile , yang ditunjukkan oleh panah diatas, jika anda sudah klik Setting maka anda akan menuju ke halaman Setting seperti gambar dibawah ini :

Zoho Mail

Selanjutnya anda klik Menu Email Forwading and POP/IMAP untuk setting IMAP Access di Zoho Mail, jika sudah maka anda akan menuju ke halaman Setting seperti gambar dibawah ini :

Zoho Mail

Lalu cari Table IMAP Access untuk mengaktifkan IMAP Access Zoho Mail anda dengan cara Klik Enable untuk menghidupkan, jika anda ingin mematikan Akses IMAP anda bisa klik Disable,dan anda bisa melihat Konfigurasi Detail IMAP untuk Outlook diatas. jika sudah maka kita akan ke tahap Setting Microsoft Outlook.

Open Outlook

Pertama adalah buka Outlook Windows , di panduan ini saya akan menggunakan Outlook Versi 2007 , seperti gambar dibawah ini :

outlook

Selanjutnya anda bisa klik Next untuk melanjutkan , Lalu anda akan diarahkan ke step selanjutnya yaitu agreement mengenai sinkronisasi email dengan Outlook, Klik Yes pada pilihan ini lalu klik Next, seperti gambar dibawah ini :

outlook

Setelah itu, anda dapat memilih Manually configure server settings or additional server types dalam proses penambahan akun Outlook. Hal ini dikarenakan agar anda dapat memasukkan informasi dalam manual settings email yang tadi telah dipersiapkan. Kemudian klik Next, seperti gambar dibawah ini :

outlook

Input E-mail

Selanjutnya pilih internet E-mail. Karena tipe service email yang akan digunakan yaitu IMAP. Kemudian klik Next. Seperti gambar dibawah ini :

outlook

Nah disini saya akan menjelaskan Configurasi Detail untuk Zoho Mail, Berikut Konfigurasinya:

  1. Untuk yang form Incoming Server Settings (User personal/free yang menggunakan @zoho.com, masukkan usernameanda@zoho.com):
    • Masukkan Form Incoming Server Name: imap.zoho.com
    • Masukkan Port: 993 (Nanti Di setting Advance)
    • Pilih SSL: Yes (Nanti Di setting Advance)
    • Username : usernameanda@zoho.com 
  2. Untuk yang form Incoming Server Settings (Organisasi yang menggunakan alamat email dengan domain, usernameanda@namadomain.com
    • Masukkan Form Incoming Server Name: imappro.zoho.com
    • Masukkan Port: 993 (Nanti Di setting Advance)
    • Pilih SSL: Yes  (Nanti Di setting Advance)
    • Username : usernameanda@namadomain.com
  3. Untuk Form Outgoing Server Settings: 
    • Masukkan Form Outgoing Server Name: smtp.zoho.com
    • Pilih Port: 465 with SSL atau
    • Port: 587 with TLS
    • Pilih Authentication: Yes

Setelah itu isi kolom yang kosong sesuai dengan informasi manual settings pada email yang telah dipersiapkan. Misalnya, Your Name merupakan nama akun yang dapat anda isi dengan alamat email. Kedua, tentu saja tuliskan alamat email. Untuk account type, pilih IMAP. Pada Incoming mail server dan Outgoing mail server isikan sesuai dengan informasi manual setting email. Lalu, masukkan alamat email beserta passwordnya, seperti gambar dibawah ini :

outlook

Kemudian klik More Settings, Pada bagian Outgoing Server berikan tanda centang pada My outgoing server (SMTP) requires authentication dan klik pada Use same settings as my incoming mail server, Hal ini bertujuan agar tetap pada konfigurasi yang telah diatur di step sebelumnya tanpa adanya perubahan, seperti gambar dibawah ini :

outlook

Masih pada halaman More Settings, Pada tabs Advanced isikan port masing masing sesuai dengan informasi manual settings email. Pada Incoming server (IMAP) tuliskan port 993 dan pilih SSL. Pada Outgoing server (SMTP) tuliskan port 465 dan pilih SSL, sesuai dengan Configurasi yang saya berikan diatas. Setelah itu klik Ok, seperti gambar dibawah ini :

outlook

Finishing

Setelah klik Ok, maka akan berlanjut ke step selanjutnya, anda bisa mengetest apakah sudah benar Akun yang anda masukkan di form outlook, dengan cara klik Test Account Setting maka akan muncul windows baru, seperti gambar dibawah ini :

outlook

Jika sudah maka anda bisa klik next untuk melanjutkan , maka akun anda sudah sukses dimasukkan ke Microsoft Outlook dan akan muncul windows baru, seperti gambar dibawah ini :

outlook

Untuk melanjutkan anda bisa klik Finish dan anda akan menuju ke halaman Email Zoho Mail anda , seperti gambar dibawah ini :

outlook

Kesimpulan

Anda bisa menggunakan Zoho Mail dari Software Microsoft Outlook.

Sekian terima kasih.

Author: Dicloud Support

Technical Support in dicloud.id

Was this article helpful?

Related Articles