Tips Menggunakan dan Mengamankan akun cPanel Dengan Baik dan Benar

Tips Menggunakan dan Mengamankan akun cPanel Dengan Baik dan Benar. Halo 🙂 ! Baru baru ini sudah banyak sekali kejadian seperti rusak nya sebuah website , hilangnya akun cPanel, kerusakan sistem , dan lain sebagainya 🙂 , Keamanan merupakan yang menjadi prioritas utama setiap pengguna. Informasi meskipun dapat didapatkan dimanapun , tapi tetap ada beberapa batasan yang informasi tersebut tidak layak diberikan kepada publik. Salah satunya adalah PIN dan password yang menjadi privasi paling utama untuk anda. Selain itu juga menjaga email agar tidak jatuh kepada orang-orang yang salah yang tentunya dapat merugikan Anda.

Tips Menggunakan dan Mengamankan akun cPanel Dengan Baik dan Benar

Disini saya akan memberi tips bagaimana cara menggunakan dan mengamankan sebuah akun cPanel dengan benar. ini tips tips nya :

Selalu Memakai Password Yang Kuat / Direkomedasikan

Password yang kuat saja masih ada kemungkinan untuk dibobol oleh hacker apalagi jika anda menggunakan password yang lemah. Untuk itu gunakanlah password yang kuat baik itu untuk password utama cPanel anda, password direktori, password email dan password-password lainnya. Lihat pada indikator password yang telah disediakan pada cPanel. Saat membuat password, usahakan minimal indikator password dalam level Strong (kuat), bila perlu sampai level Very Strong .

Untuk menggunakan password yang lebih kuat ikuti tips sederhana ini :

  • Gunakan kombinasi huruf, angka, simbol dan karakter pada password anda. Gunakan juga kombinasi huruf besar dan huruf kecil.
  • Hindari penggunaan password yang sama dengan password email, facebook atau password-password anda lainnya.
  • Hindari password yang menggunakan nama anda, nama keluarga, nama pacar dan nama-nama yang terlalu mainstream dan mudah ditebak.
  • Selalu update password anda secara berkala misalnya sebulan sekali atau dua bulan sekali. Semakin sering semakin baik tapi bakal semakin merepotkan

Hati-Hati Dalam Penggunaan Email

Hati-hati dalam penggunaan email anda, karena tanpa disadari email dapat menyedot disk space dan bandwidth, apalagi bagi anda yang sering menggunakan file attachment jangan kaget jika tiba-tiba disk space anda membengkak atau bandwidth anda habis. Bagi anda yang memilki paket hosting dengan bandwidth terbatas, hal ini tentu merupakan masalah tersendiri bagi anda.

Rutin Melihat Penggunaan Resource

Bagi anda pengguna hosting shared, rajin-rajinlah untuk mengecek penggunaan resource server anda. Jika penggunaan resource server anda terlalu tinggi, kurangi software atau plugin yang anda install pada website anda. Bagi anda yang memiliki paket hosting dengan kapasitas disk space tertentu, anda juga harus rajin-rajin mengecek dan memantau penggunaan disk space server anda karena penggunaan disk space yang melebihi kuota akan dikenakan biaya tambahan.

Update Versi CMS Terbaru

Disini kami tidak menjelaskan nama plugin apa saja yang berbahaya dan harus tidak dipakai, berhubung banyak sekali plugin yang berbahaya dan tidak terupdate oleh pembuatnya. Sehingga kesimpulannya adalah plugin yang dibuat tidak menjamin untuk keamanan website jika sudah terpasang.

Berikut sedikit saran kami untuk memilih plugin adalah:

  • Cek terlebih dahulu via Google plugin yang akan dipakai apakah itu termasuk plugin berbahaya atau tidak.
  • Gunakan plugin yang telah memiliki reputasi baik, seperti jumlah download, jumlah pemakai, komentar pemakai.
  • Kunjungi juga website pembuat plugin tersebut, cek baik-baik update versinya, serta komentar dari pemakai.
  • Scan plugin sebelum melakukan instalasi dengan Antivirus agar aman saat upload
  • Hapus plugin-plugin yang tidak berguna dan berbahaya

Backup Berkala Account cPanel

Jangan meremehkan yang namanya Backup!  bagi yang sudah merasakan rusak dan hilangnya data akibat ulah hacker tentu sudah memahami peranan penting Backup. Disarankan untuk melakukan backup secara rutin, simpan data backup ke PC anda, jangan disimpan di file manager cPanel.

Hindari Warnet atau Internet Public

Ini juga penting, untuk mengindari warnet atau internet publik disaat mengakses cPanel website Anda. Gunakan selalu personal komputer atau laptop peribadi Anda.

Kesimpulan

Ingat! Akun cPanel itu sangat penting , jika jatuh ke tangan orang jahat/hacker , website dan sistem anda bisa hancur, jadi amankan sebaik mungkin akun cPanel anda.

Sekian Terima Kasih .

 

Author: Dicloud Support

Technical Support in dicloud.id

Was this article helpful?

Related Articles