Panduan Melakukan TraceRoute pada Command Linux dan Windows

Cara Melakukan Traceroute pada Windows dan LinuxPanduan Melakukan TraceRoute pada Command Linux dan Windows. Hai ! apakah anda pernah menggunakan Traceroute ?  Traceroute (Tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan, disini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunatakan Traceroute pada Linux dan Windows , berikut langkah-langkah nya :

Panduan Melakukan TraceRoute pada Command Linux dan Windows

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunatakan Tracerout pada Linux dan Windows , berikut langkah-langkah nya :

TraceRoute di Command Promt Windows

Pertama anda bisa membuka aplikasi CMD (Command Promt ) pada windows anda, anda bisa mencari aplikasi tersebut dengan cara tombol Windows + R lalu ketik CMD,dan anda bisa mengetik script berikut :

Jika sudah tekan enter , setelah itu akan tertera hasil dari traceroute anda di windows

Melakukan Traceroute di Linux

Pertama anda bisa membuka terminal anda atau anda bisa mengetik langsung (CLI), lalu ketikan perintah:

lalu tekan Enter , maka akan keluar hasil dari command anda tadi , seperti dibawah ini :

Kesimpulan

Traceroute (Tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Traceroute berfungsi untuk melacak jejak pada paket protokol Internet (IP) serta mengetahui jalur paket dari satu jaringan ke jaringan lain.

Sekian Terima Kasih.

Author: Dicloud Support

Layanan Web Hosting berbasis teknologi komputasi awan terkini, berkerjasama dengan penyedia cloud #1 di dunia dengan Bantuan Teknis Terbaik dan Handal.

Was this article helpful?

Related Articles