Panduan Optimasi WordPress dengan Menggunakan Php 7 di cPanel

Panduan Optimasi WordPress dengan Menggunakan Php 7 di cPanelPanduan Optimasi WordPress dengan Menggunakan Php 7 di cPanel. WordPress merupakan CMS yang paling banyak digunakan untuk membuat blog maupun membuat website. Menggunakan WordPress sangatlah mudah, anda tinggal download atau menggunakan software installer otomatis seperti softacoulus. Taukah anda, WordPress sudah support php 7, ini artinya WordPress bisa kita tunning menjadi 200% lebih cepat hanya dengan mengganti versi php ke php 7 dan ditambah caching dari php.  Perlu anda ketahui bahwa PHP 7 memiliki segudang fitur baru dan peningkatan performa yang sangat signifikan. Nah disini kita akan Optimasi WordPress dengan mengubah versi php ke versi php 7 🙂 .

Panduan Optimasi WordPress dengan Menggunakan Php 7 di cPanel

Disini kita akan mempelajari bagaimana cara mengubah versi PHP ke PHP 7 di cPanel , berikut langkah-langkah nya 🙂 :

Step 1 Login cPanel

optimasi wordpress menggunakan php 7

Pertama – tama anda harus login ke halaman cPanel anda .

Step 2 Menu Mengubah Versi PHP

Selanjutnya , kita akan mencari software/menu untuk mengubah versi php dengan cara ketik “PHP” pada kolom pencarian , seperti gambar dibawah ini :

optimasi wordpress menggunakan php 7

Step 3 Setting PHP

Setelah itu anda akan menuju halaman dimana akan kita gunakan untuk mengubah versi PHP , seperti gambar dibawah ini :

optimasi wordpress menggunakan php 7

Selanjutnya kita akan mengubah versi PHP 5.6 ke versi PHP 7 dengan cara klik kolom navigasi lalu pilih PHP 7.0 , maka akan keluar table-table yang berisi service/app yang berada di PHP , kita klik use default , lalu centang opcache , selanjutnya klik save , lalu klik set as current , seperti gambar dibawah ini :

 

optimasi wordpress menggunakan php 7Setelah itu , PHP secara otomatis terubah menjadi PHP 7.0 seperti gambar dibawah ini :

optimasi wordpress menggunakan php 7

Nah.. Untuk setting PHP 7 di WordPress disini tidak ada, karena WordPress sudah support PHP 7.0 pada awal tahun 2016 jadi secara otomatis WordPress sudah versi PHP 7.0 😀 .

Benchmark WordPress PHP 5.6 vs PHP 7.0 + Opcache

Tanpa hasil benchmark rasanya kurang meyakinkan… nah pada kesempatan ini kami coba untuk melakukan test benchmark menggunakan apache2 benchmark. masing-masing configurasi kami lakukan testing 1000 request denngan 10 user berbarengan / concurren y dan 20 user concurrency.

Hasil Test WordPress PHP 5.6 + Opcache

1000 request 10 user concurrency.

optimasi wordpress php5 10 user 1000 request

1000 request 20 user concurrency.

optimasi wordpress php5 20 user 1000 request

Hasil Test WordPress PHP 7.0 + Opcache

1000 request 10 user concurrency.

Optimasi wordpress php7 10 user 1000 request

1000 request 20 user concurrency.

Optimasi wordpress php7 20 user 1000 request

Hasil Test WordPress PHP 7.0 fpm + Opcache dengan Dicloud VM

1000 request 10 user concurrency.

VM wordpress php7 10 user 1000 request

1000 request 20 user concurrency.

VM wordpress php7 20 user 1000 request

Dari hasil Test benchmark yang kita lakukan, dengan pada configurasi PHP5.6 WordPress hanya bisa melayani rata2 9,89 request/second. Sedangkan jika menggunakan configurasi PHP7.0 WordPress dapat merespon hingga 16,27 request/second. Performa WordPress hampir 2kali lipat lebih cepat hanya dengan mengganti versi PHP ke PHP7.0. Yang lebih mencengangkan lagi, jika menggunakan Dicloud VM XS dengan server Apache2 PHP7.0 FPM + Opcache WordPress bisa melayanin request hingga 68.21 request/second… sangat fantastis.

Kesimpulan

Optiasi WordPress hingga 2 kali lipat dapat kita lakukan dengan mudah. Hanya dengan menggunakan PHP versi 7.0 + Opcache kita bisa mendapatkan performa hingga 2kali lipat. Masih banyak lagi cara untuk optimasi WordPress anda, namun yang paling simple dan menghasilkan hasil yang sangat signifikan adalah dengan mengganti versi PHP.

Sekian Terima Kasih.

Author: Wijaksana Bayu

Technical Support in dicloud.id

Was this article helpful?

Related Articles