Cara Meningkatkan Security Pada Komputer

Cara Meningkatkan Security Pada Komputer

Cara Meningkatkan Security Pada Komputer. Hai ! Apakah anda mempunyai sebuah komputer atau laptop ? tetapi anda kurang paham bagaimana cara meningkatkan security pada laptop dan komputer ? tenang disini saya akan menjelaskan bagaimana cara meningkatkan security pada laptop maupun komputer , berikut penjelasannya :

Cara Meningkatkan Security Pada Komputer

Step 1 Tingkatkan Dengan Antivirus!

Pada dekstop / komputer biasanya berisikan firewall , nah pada security dekstop tersebut sepertinya belum cukup untuk melindungi data data anda pada komputer , dan anda harus memakai aplikasi antivirus/malware, kenapa ? karena semua antivirus sudah mensupport atau mencegah serangan malware , seperti virus,adware,trojan,rootkit,worm dan spyware saya jelaskan sedikit tentang malware yang saya sebutkan tadi .

1. Virus

Virus adalah sejenis malware yang berada pada aplikasi berekstensi .exe , virus merugikan komputer dengan cara mengenkripsi data anda menjadi shortcut,exe,maupun link ataupun bisa merubah data menjadi kecil atau file rusak.

2.  Adware

Adware adalah sejenis malware yang biasanya didapatkan pada surfing internet di iklan iklan aneh, adware merugikan komputer dengan menampilkan iklan iklan secara banyak pada komputer anda.

3. Trojan

Trojan adalah jenis malware yang sering didapatkan dimana saja bisa dari aplikasi , surfing internet , email , dll , trojan sangat merugikan komputer karena trojan akan membuka semua pintu masuk malware yang berbahaya lainnya,

4. Rootkit

Rootkit adalah sejenis malware yang bisa berada aplikasi aplikasi crack seperti patch,dll, exe  , Rootkit adalah malware yang berbahaya juga, malware ini bisa mengambil semua data data / informasi yang ada pada komputer anda .

5. Worm

worm adalah sejenis malware yang dapat masuk dari mana saja dengan mudah karena security pada komputer tersebut sangat lemah atau keamanan nya lemah , worm bisa membuat komputer overheat , lambat , dan membuat sering Bluescreen of Death (BSOD) atau error pada komputer.

6. Spyware

spyware adalah jenis malware yang di dapat pada surfing browser, email , jaringan , spyware merugikan komputer dan anda sendiri karena  malware ini akan diam diam mengendalikan atau melihat semua aktivitas pada komputer anda.

nah beberapa akan saya sebutkan aplikasi antivirus , nah seperti  smadav(antivirus lokal),avast,malwarebytes,kaspersky,dan aplikasi antivirus lainnya.

Step 2 Pakai Filter Firewall

pada security lainnya anda bisa memakai filter pada firewall,  filter bisa di dapatkan atau di konfigurasi pada windows (firewall) maupun linux dengan cara menggunakan aplikasi seperti ufw,shorewall,ipcop dll atau bisa menggunakan IPTABLES.

Step 3 Update OS

Anda juga bisa meningkatkan security anda dengan cara update OS atau sistem operasi anda , biasanya setiap OS pasti selalu memberikan update di system. dan pastikan juga anda harus berhati hati dalam penggunaan aplikasi Crack atau bisa disebut aplikasi berbayar tapi dapatnya gratis,aplikasi ini bisa berupa : patch,exe,dll didalam aplikasi crack tersebut bisa berisikan malware rootkit seperti yang bahas saya tadi , nah malware rootkit ini bisa diam diam mencuri semua data / informasi anda secara keseluruhan  setelah anda menginstal aplikasi crack yang berisikan rootkit tersebut. anda juga bisa meningkatkan security anda dengan cara tidak menggunakan camera pada laptop atau komputer dan microphone, jika anda harus menggunakan camera dan microphone , hal ini abaikan saja , tapi pastikan security pada komputer anda terlindungi dari serangan malware lainnya, jika ada malware pada komputer anda, secara diam diam si attacker atau program akan secara diam diam merekam video maupun suara anda.

Sekian Dan Terima Kasih.

 

Author: Dicloud Support

Technical Support in dicloud.id

Was this article helpful?

Related Articles