Istilah – Istilah Umum di Email

Istilah - Istilah Umum di EmailIstilah – Istilah Umum di Email. Hai ! Apakah anda mempunyai email? pasti punya kan ? Semua orang yang terlahir pada era teknologi pasti mempunyai Email , yaps Email adalah singkatan dari Electronic Mail atau dalam bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik merupakan sarana dalam mengirim surat yang dilakukan melalui media internet. Media internet yang dimaksud bisa melalui komputer atau handphone yang memiliki akses internet. tetapi apakah anda sudah tau istilah umum pada email ? disini saya akan menjelaskan Istilah-Istilah Khusus/Umum pada email , berikut penjelasannya…

Istilah – Istilah Umum di Email

Disini saya akan menjelaskan Istilah-Istilah Khusus/Umum pada email , berikut penjelasannya.

E-mail Address

Atau yang lebih kita kenal dengan alamat email, jika anda membuat email pribadi maka email anda akan berekstensi domain anda seperti @namadomainanda.com misalnya admin@dicloud-test.com, info@dicloud-tst.com, dsb.

E-mail Body

Email body adalah isi dari email yang berupa test atau gambar.

E-mail Header

Kepada email yang berisi informasi tentang pengirim email, server yang digunakan bahkan sampai dengan alamat IP dari si pengirim email. Beberapa provider email tidak menampilkan informasi E-mail header karena memang sangat banyak dan hanya berguna untuk kalangan advance saja.

Bounced email

Bounced email adalah dimana email gagal dikirimkan ke penerima dan dikembalikan ke pengirim , hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan sistem.

IMAP

IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol standar untuk mengakses/mengambil e-mail dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada.

MX Record

MX record (Mail eXchange) merupakan salah satu record yang terdapat pada sebuah DNS berfungsi untuk menentukan mailserver yang bertanggung jawab atas persetujuan penerimaan email dari domain si penerima.

Password Authentication

Password untuk menjaga kerahasiaan email anda. Seperti password gmail.

POP3

POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email. Protokol ini erat hubungannya dengan protokol SMTP di mana protokol SMTP berguna untuk mengirim surat elektronik dari komputer pengirim ke server.

SMTP

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.

E-Mail Client

E-Mail client adalah software yang digunakan untuk mengirim dan menerima e-mail melalui komputer Anda tanpa browser. Cukup dengan menjalankan software e-mail client secara otomatis e-mail akan terdownload ke komputer Anda.

Mail Box

Mail Box, lokasi tempat menyimpan email-email yang masuk dari sebuah akun atau alam email, mirip kotak surat pada mode surat konversional.

Kesimpulan

Email adalah singkatan dari Electronic Mail atau dalam bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik merupakan sarana dalam mengirim surat yang dilakukan melalui media internet. Media internet yang dimaksud bisa melalui komputer atau handphone yang memiliki akses internet, untuk lebih lanjut anda bisa mengunjungi Dicloud Tutorial

Sekian Terima Kasih.

Author: Dicloud Support

Technical Support in dicloud.id

Was this article helpful?

Related Articles